cara menyembuhkan sakit kepala sebelah

Plossa – Ketika mengalami sakit kepala, rasanya kita pasti ingin berteriak kesal. Apalagi jika yang menyerang adalah sakit kepala sebelah. Apa sih kira-kira penyebabnya dan bagaimana cara menyembuhkan sakit kepala sebelah? Yuk, simak ulasan menariknya di artikel di bawah ini.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah

Migrain atau yang dikenal dengan sakit kepala sebelah adalah kondisi yang banyak sekali dikeluhkan oleh pasien. Biasanya, rasa nyeri dapat dirasakan di sebelah kiri. Penyebabnya ternyata bisa berasal dari macam-macam hal. Penasaran?

Gaya Hidup

Penyebab pertama dari sakit kepala sebelah adalah gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, kamu suka minum miras. Etanol yang dikandungnya dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang mana cirinya adalah sakit kepala sebelah. Selain itu, sakit ini juga bisa dipengaruhi oleh makan yang tidak teratur, kurang tidur, hingga stress.

Infeksi / Alergi

Penyebab kedua dari sakit kepala sebelah adalah adanya infeksi / alergi. Misalnya saja, infeksi sinus atau terjangkit pilek. Sumbatan pada hidung dapat menyebabkan sakit kepala hebat yang mana disertai kaku leher hingga demam.

Sering Minum Obat

Penyebab selanjutnya dari sakit kepala sebelah adalah sering minum obat sakit kepala itu sendiri. Kamu mungkin berpikir sangat bagus mengonsumsi obat Pereda nyeri ketika sakit menyerang. Padahal, obat sakit kepala tidak boleh dikonsumsi berlebihan dan terus-menerus. Pasalnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan rebound headache yang mana dapat membuat kamu sakit kepala tiap hari.

Gangguan Saraf

Terakhir, penyebab dari sakit kepala sebelah adalah gangguan saraf. Sebut saja, neuralgia occipital, giant cell arteritis, hingga trigeminal neuralgia.

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Sebelah

Nah, setelah membahas mengenai apa penyebab dari migrain, kita lanjut membahas mengenai cara menyembuhkannya. Meski terasa sangat sakit, namun migrain masih tergolong masalah kesehatan yang umum. Ada banyak cara mudah untuk menyembuhkannya, antara lain :

Istirahat

Ketika sakit kepala sebelah ini menyerang, maka hal pertama dan paling utama yang harus kamu lakukan adalah segera istirahat. Pasalnya, ketika kamu lanjut aktivitas, maka sakit kepalamu akan makin parah. Selain itu, kamu tidak akan bisa konsentrasi. Langsung cari tempat rebahan yang nyaman dan tenang untuk istirahat.

Atur Napas

Setelah rebahan, kamu perlu melemaskan pundak dan mengatur napas. Hal ini berguna untuk melepas stress yang mungkin kamu rasakan karena tegang beraktivitas. Nah, salah satu penyebab migrain adalah stress seperti yang sudah diutarakan di atas. Maka dari itu, ambil napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan agar stress berkurang.

Pijat Kepala

Selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk melakukan pijatan ringan di kepala. Lakukan secara perlahan dengan jari telunjuk dan ibu jari. Butuh waktu 7 – 15 detik sekali pijat. Ulangi beberapa kali hingga sakit mereda.

Minum Air Putih yang Cukup

Tidak hanya menjauhi gadget, kamu juga harus banyak minum air putih. Pasalnya, air putih membantu mengurangi resiko dehidrasi. Nah, salah satu ciri dehidrasi adalah sering sakit kepala sebelah kiri. Oleh karena itu, kamu harus menghindarinya dengan cukup minum air ya.

Minum Obat

Jika semua cara di atas tidak bisa meredakan sakitmu, maka kamu bisa mengambil langkah terakhir. Konsumsi obat pereda nyeri kepala yang biasa kamu minum. Beberapa obat yang direkomendasikan adalah ibuprofen, aspirin, hingga paracetamol dan naproxen. Ingat ya, konsumsi jika memang nyeri sudah tidak tertahan dan jangan sering-sering meminumnya.

Demikian ulasan menarik mengenai penyebab dan bagaimana cara mengatasi sakit kepala sebelah. Memang rasanya tidak menyenangkan, tapi kamu harus bersabar. Lakukan pengobatan secara tepat dan efektif agar segera bisa beraktivitas Kembali. Semoga ulasannya bermanfaat.

Jika sakit kepala masih tergolong ringan seperti karena masuk angin atau karena sedang banyak pikiran, maka bisa diatasi menggunakan Plossa Press & Sooth Aromatics. Oleskan Plossa roll on pada bagian kepala yang sakit, kemudian gunakan ujung tutupnya untuk memijat.

Produk dari Enesis Grup ini memiliki kandungan minyak eucalyptus dan bahan aktif cineol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti virus yang dapat memberikan sensasi hangat alami dan rileksasi pada tubuh dan kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *