cara menghilangkan pegal

Plossa Hampir semua orang pasti pernah mengalami rasanya badan pegal-pegal. Bukan hanya sekali, masalah yang menyerang sistem gerak tubuh ini memang kerap muncul kembali. Pegal-pegal sendiri bisa muncul di berbagai area. Mulai dari area kaki, tangan, punggung, leher, hingga pinggang. Namun, pegal-pegal juga bisa terasa di sekujur tubuh. Baik yang terasa ringan sampai yang rasanya cukup parah.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan badan pegal. Mulai dari cedera otot, melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, stres, dan beberapa faktor lainnya. Meski pun masalah kesehatan ini bisa reda sendiri, namun rasa pegal pada badan tentu sangat membuat tidak nyaman. Maka dari itu, jangan biarkan rasa pegal tersebut bersarang lama-lama di badan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan pegal di badan dengan cepat?

Ini Dia, 5 Cara Menghilangkan Pegal di Badan dengan Cepat

Kompres Air Hangat

Saat aktivitas sedang padat, otot mungkin menerima lebih banyak tekanan. Hal ini menyebabkan otot menjadi tegang dan kaku. Nah, untuk meredakan otot yang kaku, Kamu bisa coba mengompresnya dengan air hangat. Cukup dengan menempelkan kompres hangat di bagian tubuh yang terasa pegal sekitar 20 menit. Hawa panas dari kompres akan meresap ke dalam kulit dan sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, maka tekanan dan ketegangan pada otot bisa berkurang. Selain menggunakan kompres hangat, Kamu juga bisa coba berendam dengan air hangat. Cara ini lebih ampuh karena air hangat mengenai hampir seluruh otot tubuh.

Perbanyak Minum Air Putih

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa tubuh sangat membutuhkan asupan air yang cukup. Pasalnya, sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Nah, kebutuhan cairan dapat terpenuhi dengan cara memperbanyak minum air putih. Asupan mineral dan air akan menutrisi otot, sehingga bisa bekerja normal kembali. Mencukupi kebutuhan cairan juga bisa mencegah kondisi ini agar tidak semakin parah. Selain mendapatkan asupan cairan dari air putih, Kamu juga bisa memenuhinya dengan minum jus buah atau mengonsumsi sayuran.

Terapi Dingin

Selain menggunakan air hangat, pegal-pegal di badan juga bisa diatasi dengan cara melakukan terapi dingin. Terapi ini sering dilakukan oleh atlet yang mengalami kelelahan. Caranya adalah dengan membungkus es batu menggunakan kantong atau handuk. Kompres es batu tersebut ke bagian tubuh yang pegal selama 15 menit saja. Tekan-tekan sambil sedikit melakukan pemijatan. Cara ini dipercaya bisa membantu mengatasi pegal-pegal di badan.

Lakukan Pijatan

Otot yang tegang bisa ditenangkan dengan cara memberikan pijatan-pijatan ringan. Memberikan pijatan akan membantu otot yang kaku menjadi kembali lentur seperti semula. Dengan begitu, maka rasa pegal akan hilang secara perlahan. Untuk mempermudah pemijatan, coba gunakan minyak esensial. Kamu bisa memijat di bagian tangan, telapak kaki, pundak, atau bagian tubuh lain yang terasa pegal. Lakukan hal ini untuk membuat tubuh lebih nyaman dan rileks. Jika dibutuhkan, Kamu juga bisa melakukan terapi pijat dengan dibantu oleh ahli pijat yang profesional.

Konsumsi obat pereda nyeri

Jika berbagai cara sudah dilakukan, namun pegal-pegal belum juga hilang, cobalah untuk minum obat pereda pegal linu. Obat dengan kandungan paracetamol dan ibuprofen merupakan formula yang efektif untuk membantu mengatasi pegal-pegal. Dua kandungan obat tersebut relatif aman dan ringan dibandingkan jenis obat pereda nyeri lainnya.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk membantu meredakan pegal-pegal di badan. Selain melakukan lima cara di atas, kamu juga bisa mengoleskan Plossa Sooth & Aromatics pada bagian tubuh yang pegal, lalu gunakan ujung tutupnya untuk memijat. Masalah ? Plossa-in aja !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *