Plossa Kaki kamu pernah kram saat berolahraga? Pasti sakit ya, ditambah olahragamu jadi terganggu. Kram pada kaki disebabkan oleh beberapa hal, tapi juga bisa terjadi tanpa sebab. Biasanya sih kram kaki terjadi karena dehidrasi, kurang asupan mineral, tidak pemanasan, mengalami cedera, atau gangguan sirkulasi darah pada kaki.

Kram pada kaki atau bagian lainnya adalah kondisi di mana menegangnya otot dengan kuat secara tiba-tiba. Kram bisa terjadi selama beberapa detik hingga beberapa menit. Kram kaki seringkali menyerang otot betis dan sering terjadi saat kamu bangun tidur.

Penyebab Kaki Kram

Cedera

Mengalami cedera bisa menyebabkan kaki kamu kram. Selain itu terdapat kondisi lain yang dapat menyebabkan kram kaki yaitu terlalu lama duduk, berdiri terlalu lama, meletakkan kaki pada posisi yang tidak pas selama tidur. Tidak melakukan atau kurang pemanasan juga bisa menyebabkan kaki kram.

Kekurangan mineral

Kram kaki juga dapat disebabkan oleh kekurangan asupan mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium.

Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kamu mengalami kekurangan cairan, dan hal tersebut dapat menyebabkan kram kaki.

Cara Menghilangkan Kram Kaki dengan Cepat dan Aman

Jika kamu mengalami kram kaki, berikut cara menghilangkannya dengan cepat dan aman:

Berhenti aktivitas dan lemaskan otot

Lakukan peregangan ringan dengan menggerakkan kaki atau jalan perlahan.

Pijat

Memijat juga dapat membantu menghilangkan kram. Namun jangan terlalu kencang ya, karena bisa mempengaruhi kelancaran peredaran darah.

Kompres

Kompres dengan air panas bisa membantu kamu meredakan kram dengan cepat. Namun cara ini tidak dilakukan bagi penderita penyakit diabetes dan cedera saraf tulang belakang. Cobalah kombinasikan kompres hangat dan dingin untuk meredakan kram kakimu.

Minum air putih

Saat kram, minumlah air putih untuk mengisi cairan tubuh. Bisa juga meminum minuman yang mengandung elektrolit. Walaupun lebih lambat dari cara lainnya, namun cara ini bisa mencegah terjadinya kram lebih lanjut.

Gunakan obat atau minyak angin

Kamu juga bisa mengonsumsi obat Pereda rasa sakit, gel penghilang nyeri, atau minyak angin yang memberikan efek hangat pada bagian yang kram. Namun harus sesuai petunjuk penggunaan ya.

Nah itulah Cara Menghilangkan Kram Kaki dengan Cepat dan Aman. Lain kali sebelum berolahraga, lakukanlah pemanasan, pijat bagian tubuh yang sering kram, sering minum air putih, dan pakai alas kaki yang aman dan nyaman untuk kamu bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *