mengatasi sesak nafas

Plossa Ada banyak masalah kesehatan yang bisa dialami seseorang. Kondisi kesehatan ini bisa sangat beragam, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Dalam hal ini, masuk angin adalah salah satunya. Kondisi ini sering dianggap sebagai situasi ketika badan terasa penuh oleh angin sehingga kemudian orang akan mudah bersendawa, mengalami sakit perut, hingga sesak nafas.

Padahal, secara medis, istilah tentang masuk angin ini tidak ada. Yang barangkali tanda-tandanya mirip adalah angin duduk atau bahkan bisa merujuk pula pada sakit jantung. Namun, yang akan menjadi pembahasan terkait hal ini adalah kondisi sesak nafas yang terjadi tiba-tiba. Hal ini tidak bisa dianggap remeh karena bisa sangat berbahaya bila tidak segera ditangani.

Mengatasi Sesak Nafas  dengan Posisi Duduk

Sesak nafas secara tiba-tiba ini memang bisa terjadi kapan saja. Kondisi seperti masuk angin adalah salah satu penyebabnya karena memang ini bisa terjadi ketika kondisi sedang dingin atau ketika badan sedang terlalu lelah.

Walau demikian, bukan berarti bahwa kondisi ini bisa dibiarkan dan tak ada cara mengatasinya. Sebenarnya, sesak nafas yang terjadi secara mendadak tersebut bisa diatasi dengan cara-cara yang sederhana. Salah satunya adalah dengan posisi duduk. Berikut adalah metode yang bisa digunakan.

Duduk dengan Condong ke Depan

Duduk dengan tenang dan beristirahat adalah salah satunya. Duduk dengan posisi badan condong ke depan akan bisa melancarkan kembali pernafasan. Dalam hal ini, posisi duduk harus santai dengan posisi leher dan bahu yang juga rileks. Dengan demikian, udara akan mulai mengalir masuk dan keluar dari paru-paru dengan lebih lancar.

Duduk dengan Bersandar di Meja

Cara lainnya adalah dengan duduk dan menyenderkan kepala ke meja. Sekilas, ini memang seperti posisi ketika orang ketiduran di saat bekerja. Untuk posisi ini, badan juga harus santai, terutama untuk otot leher dan bahu.

Posisi kaki pun harus menapak ke lantai dan tangan di tangkupkan ke meja untuk menjadi bantalan bagi kepala. Dengan posisi ini, nafas bisa secara perlahan diatur dan nantinya paru-paru akan mulai bisa menghirup dan melepaskan udara dengan lebih lancar.

Selama badan tetap rileks dan tidak panik, otot dalam tubuh juga akan berkoordinasi dengan baik untuk membantu proses pernafasan tersebut. Ini tentu akan sangat berguna termasuk ketika sesak nafas karena masuk angin.

Cara Lain Mengatasi Sesak Nafas Karena Masuk Angin

Selain dengan memperbaiki dan mengatur posisi duduk, sesak nafas yang datang tiba-tiba juga bisa diatasi dengan cara lainnya. Ini akan berfungsi baik itu dalam sesak nafas karena asma, masuk angin, atau kondisi lainnya. Salah satunya dengan metode pursed lip breathing.  Dari istilahnya, barangkali ini terdengar sangat asing tapi sebenarnya ini sangat mudah dilakukan.

Anda cukup bernafas secara pelan-pelan dan teratur. Anda cukup menarik nafas dari hidung dengan pelan-pelan hingga anda merasa bahwa paru-paru sudah cukup penuh, dan kemudian menghembuskan nafas tersebut melalui mulut.

Mulut harus dalam keadaan tertutup dengan lubang yang sempit untuk jalan keluar udara, seolah seperti sedang bersiul. Dengan cara ini, udara akan berjalan lebih lambat dan ini akan efektif untuk mengatur nafas.

Cara lainnya adalah dengan berdiri dengan menyandarkan punggung. Anda bisa menggunakan ini untuk menggantikan metode duduk bila memang tidak ada meja dan kursi untuk anda duduk. Anda cukup mencari pohon atau dinding.

Setelah itu, anda bisa mencoba berdiri dengan menyandarkan punggung dan pinggul ke dinding untuk membuat badan rileks. Setelah cukup rileks, anda bisa mencondongkan badan ke depan dengan lengan dalam posisi menggantung dan rileks. Anda bisa memadukan ini dengan metode pursed lip breathing untuk mengatasi sesak nafas tiba-tiba yang disebabkan masuk angin tau kondisi lainnya.

Selain menggunakan cara yang ada di atas, untuk mengatasi sesak nafas yang datang secara tiba-tiba bisa memakai Plossa Press & Sooth Aromatics. Kandungan eucalyptus pada plossa dapat membuat nafas menjadi plong.

Produk dari Enesis Grup ini memiliki fungsi 4in1 yaitu in healer untuk hidung tersumbat, roll on untuk menghilangkan sakit kepala, kerokan dan juga untuk pijat relaksasi.

Jika seska nafas masih terus terasa atau belum hilang juga selama 3 hari sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *