cara meredakan sakit kepala

Plossa.co.id – Masuk angin adalah suatu gejala yang sering dirasakan setiap orang, biasanya seseorang terkena masuk angin saat terkena udara dingin atau habis kehujanan. Saat seseorang terkena masuk angin biasanya solusi pertama yang muncul difikiran mereka adalah kerokan. Cara tradisional ini memang masih dipercaya dapat mengurangi gejala masuk angin, namun masih banyak juga orang yang beranggapan kerokan sangat menyakitkan. Untuk kamu yang tidak suka mengobati masuk angin dengan cara kerokan, mungkin bisa lakukan cara-cara dibawah ini.

  1. Maksimalkan waktu istirahat
    Cara pertama mengatasi masuk angin tanpa kerokan adalah maksimalkan waktu istirahat. Kenapa kita harus memaksimalkan waktu istirahat? Karena salah satu penyebab masuk angin adalah tubuh kurang istirahat atau kecapean beraktivitas. Idealnya tubuh manusia membutuhkan waktu istirahat 7 – 8 jam. Usahakan sehabis bekerja atau beraktivitas bisa beristirahat sebelum pukul 12 Malam.
  2. Banyak minum air putih
    Tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup, idealnya tubuh kita perlu setidaknya 8 gelas air perhari. Cara ini juga untuk mengobati masuk angin, karena penyebab masuk angin juga salah satunya adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Saat terkena gejala masuk angin dengan flu kamu bisa mengonsumsi air putih hangat, atau jika kamu ingin menambahkan raa bisa dicampur dengan lemon serta madu.
  3. Konsumsi seduhan rempahan
    Cara selanjutnya mengobati masuk angin adalah dengan membuat minuman hangat dari campuran rempah-rempah seperti jahe serta kayu manis. Kandungan serta khasiat rempah-rempah dipercaya dapat membantu mengatasi masuk angin dengan cara merangsang produksi air liur serta membuat aliran lender di tenggorokan menjadi lancar.
  4. Membuat suhu ruangan menjadi hangat
    Gejala masuk angin membuat tubuh kita menjadi kedinginan serta terasa meriang, untuk mengatasinya adalah dengan membuat suhu ruangan menjadi lebih hangat. Sehingga tubuh akan mengeluarkan racun-racun dalam bentuk keringat. Jika udara menjadi lebih kering serta terasa kurang nyaman bisa menggunakan alat humidifier, untuk membuat suhu ruangan menjad lebih lembab. Sehingga akan membuat hidung menjadi tidak tersumbat serta berkurangnya intensitas batuk.
  5. Pijat dengan minyak hangat
    Selain kerokan kamu bisa mengurangi gejala masuk angin dengan cara memijat bagian tubuh seperti punggung serta perut dengan minyak hangat, seperti minyak kayu putih atau minyak essensial lainya seperti minyak lavender yang dapat meredakan nyeri.

Itulah 5 cara mengobati masuk angin tanpa kerokan, satu lagi tips tambahan yaitu untuk mengurangi pusing karena masuk angin dapat menggunakan aromatherapy dari Plossa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *