Plossa Masuk angin adalah gejala yang biasa muncul saat musim hujan. Walaupun masih banyak perdebatan apakah masuk angin ini ada atau tidak. Masyarakat Indonesia percaya bahwa masuk angin diakibatkan oleh banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya seperti terlalu lama di ruangan AC, terlalu lama terpapar kipas angin, sering hujan-hujanan.

Masuk angin memiliki beberapa gejala seperti perut kembung, sering buang angin, diare, meriang, sakit kepala, badan pegal-pegal, tidak nafsu makan, menggigil/kedinginan. Pasti nggak enak banget ya masuk angin saat kamu beraktivitas. Namun jangan khawatir, berikut cara mengatasi masuk angin tanpa harus minum obat.

Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Minum Obat

Seperti yang disebutkan di atas, masuk angin bisa terjadi saat kamu kelelahan, sering begadang ,kurang tidur, terkena hujan. Jika kamu mengalami masuk angin namun tidak mau atau tidak bisa minum obat, berikut cara mengatasinya tanpa minum obat:

Perbanyak istirahat

Saat masuk angin, kamu membutuhkan banyak istirahat agar badan kamu cepat pulih. Perbanyaklah istirahat, tidur yang cukup selama 8 jam. Jaga suhu ruangan agar tidak terlalu dingin, usahakan suhu ruangan sedikit hangat dan lembab.

Banyak minum air putih

Walaupun tenggorokan terasa tidak enak untuk menelan, namun kamu harus tetap menjaga kecukupan asupan air putih saat masuk angin. Jangan meminum soda dan minuman berkafein seperti kopi dan cokelat. Perbanyaklah minum air putih agar kamu tidak dehidrasi.

Minum minuman herbal

Minuman herbal seperti jahe, teh madu lemon, dan lainnya dipercaya dapat melegakan saluran pernapasan dan tenggorokan saat kamu masuk angin.

Konsumsi makanan bergizi

Ini seperti minum air putih, walaupun tenggorokan kamu tidak enak menelan, kamu harus tetap makan makanan bergizi. Makanan bergizi akan membantu sel darah putih melawan bakteri atau virus yang ada pada tubuh. Pastikan kamu memakan makanan seperti sayur dan buah-buahan.

Kerokan

Metode penyembuhan tradisional ini banyak dipilih untuk mengatasi masuk angin. Masuk angin dilakukan dengan cara mengerok punggung yang sudah diolesi minyak angin. Biasanya kerokan dilakukan menggunakan uang koin, sendok, atau bawang.

Itulah cara mengatasi masuk angin tanpa minum obat. Jika cara di atas tidak membantu, tidak ada salahnya minum obat untuk meredakan masuk anginmu. Kamu juga bisa menggunakan Plossa Press Soothe & Aromatics, plossa memiliki ekstrak daun eucalyptus yang bisa membantu kamu meredakan gejala masuk angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *