mengatasi pegal dan lemas saat baru bangun tidur

Plossa.co.id – Istirahat malam atau tidur bertujuan untuk membuat tubuh kamu menjadi lebih segar ketika pagi hari. Namun karena berbagai macam masalah kesehatan, membuat kamu mengalami lemas serta pegal-pegal saat baru bangun tidur.  Ada beberapa faktor penyebab kamu mengalami lemas dan pegal saat baru bangun tidur, namun buruknya kualitas tidur bisa menjadi penyebab utama.

Buruknya kualitas tidur bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tempat tidur yang kurang nyaman, suhu ruangan tidur yang panas hingga sedang mengalami banyak beban fikiran atau stres. Selain buruknya kualitas tidur terdapat penyebab lainya seperti infeksi virus, penyakit tiroid, kekurangan vitamin D dan rheumatoid arthritis. Agar kamu tidak selalu merasa lemas dan pegal saat bangun tidur kamu bisa mengatasi dengan cara-cara berikut ini.

  1. Tingkatkan kenyamaan saat tidur
    Kadang-kadang kualitas tidur yang buruk bisa diakibatkan oleh kurangnya rasa nyaman saat tidur, rasa nyaman ditimbulkan oleh berbagai macam masalah seperti bantal yang terlalu tinggi atau keras, lalu posisi tidur tidak pas dan kasur yang terlalu keras. Untuk membuat tidur terasa nyaman kita perlu mengatasi masalah – masalah tersebut, seperti mengganti bantal dengan yang lebih lembut serta mengatur ketinggian bantal. Untuk posisi tidur pilihlah posisi tidur seperti menghadap ke kanan dengan bantal di antara lutut atau terlentang dengan posisi bantal di bawah lutut. Hindari posisi tidur tengkurap yang dapat menyebabkan badan pegal serta sakit di pagi hari.
  2. Lakukan olahraga ringan
    Melakukan olahraga ringan dengan tidak berlebihan juga dapat membantu kamu mengatasi badan lemas dan pegal saat baru bangun tidur. Olahraga dapat membuat sendi menjadi lebih rileks serta mencegah badan menjadi lebih lemas dan kaku. Jangan berolahraga sebelum tidur karena dapat membuat kamu susah tidur dan badan menjadi pegal. Lakukan olahraga rutin setia hari atau minimal 5 kali dalam seminggu. Beberapa jenis olahraga yang dapat kamu lakukan adalah yoga, angkat beban, jogging ringan atau squat di dalam rumah.
  3. Menjaga asupan Vitamin D
    Vitamin D bertujuan untuk menjaga kinerja organ dalam tubuh, selain itu vitamin D juga dapat membuat tulang dan otot menjadi lebih kuat, menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mulut dan mencegah penyakit diabetes tipe 1 dan 2.  Cara termudah untuk menjaga asupan Vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari, tidak perlu berlama-lama cukup 10 menit sampai 15 menit setiap hari. Selain itu kamu bisa mengonsumsi asupan Vitamin D seperti ikan, jamur, susu, jeruk, kuning telur sampai sereal.
  4. Meredakan stres
    Saat kamu stres kamu akan kesulitan untuk tidur, oleh karena itu lakukan hal-hal yang dapat mengurangi stres seperti berolahraga, melakukan pijatan, yoga atau hal-hal menyenangkan lainya.
  5. Menghirup aromatherapy
    Untuk mengurangi lemas kamu bisa menghirup aromatherapy dari PLOSSA, dengan menghirup aromatherapy dari PLOSSA kamu akan merasa lebih segar dan rileks, selain itu PLOSSA juga dapat kamu manfaatkan untuk melakukan pijatan-pijatan di titik yang dapat membuat kamu menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *