hidung tersumbat anak anak

Plossa Memasuki musim penghujan penyakit menular seperti pilek dan flu mulai melanda sebagian orang tidak terkecuali anak – anak. Bahkan di saat pilek hidung pun ikut tersumbat dimana itu menjadi sebuah masalah yang akan menyulitkan anak untuk  bernapas.

Di saat  hidung tersumbat biasanya anak akan rewel, hilangnya nafsu makan dan juga kepala terasa sakit.

Hal ini wajar  terjadi karena disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh  pada anak masih belum sempurna. Terjangkit atau tertular virus adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan oleh orangtua.

Penyakit hidung tersumbat pada anak juga harus mendapat perhatian khusus karena dikhawatirkan dapat mengganggu pernafasannya. Lantas bagaimana caranya mengatasi hidung tersumbat yang terjadi pada anak. Berikut ini tipsnya :

  1. Perbanyak memberi air hangat untuk dikonsumsi pada anak. Cara ini sangat efektif untuk mengencerkan lendir yang terdapat pada hidung, sehingga cairan dapat keluar dengan sendiri nya.  Juga bisa memberi air hangat yang dapat meredakan gangguan tenggorokan yang mungkin disebabkan oleh pilek dan flu. Bahkan ketika anak sudah sembuh tetaplah berikan air hangat.
  2. Ajak anak untuk menghirup uap air hangat dengan campuran minyak kayu putih. Cara seperti ini terbilang cukup menarik untuk dilakukan karena hanya dengan mencampur beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air hangat.  Uap dari air hangat tersebut akan sangat membantu mengurangi hidung tersumbat yang terjadi pada si kecil sebab aromanya begitu segar. Jadi pasti anak tidak akan menolaknya.
  3. Pastikan si anak mendapat istirahat dengan cukup. Hal  ini sangat membantu menjaga sistem kekebalan dan kondisi  anak. Caranya dengan mengatur posisi tidur untuk mempermudah lendir keluar dengan sendirinya.   Pastikan  orang tua harus senantiasa mengawasi buah hati anda. Proses penyembuhan seperti ini akan memakan waktu. Apabila masalah tidak kunjung hilang ada baik nya anda membawa si kecil untuk berobat dengan tujuan mencegah hal yang lebih serius terjadi.
  4. Membersihkan bekas lendir yang sudah kering pada hidung. Caranya yaitu dengan menggunakan kasa yang steril dan air hangat.  Lakukan dengan cara perlahan untuk mencegah agar tidak terjadi iritasi.

Hidung tersumbat pada anak umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus tapi tetap waspada. Cobalah untuk menghindari penggunaan obat batuk pilek pada anak. Lebih baik menggunakan pengobatan secara alami terlebih dahulu agar imun tubuh anak terbentuk.

Namun, perhatikan kondisi anak Anda jika mengalami gejala atau kondisi dibawah ini :

  1. Jika pilek serta hidung tersumbat tidak sembuh lebih dari tiga minggu.
  2. Anak mengalami panas tinggi dengan suhu di atas normal.
  3. Kesulitan untuk bernafas dan disertai mata yang memerah.
  4. Sakit pada tenggorokan yang membuat sulit untuk menelan makanan atau minum
  5. Serta kondisi yang semakin memburuk.

Jika gejala seperti ini terjadi pada anak maka segeralah bawa ke dokter. Namun jika tidak terlalu parah bisa ditangani sendiri. Terus penuhi kebutuhan gizi anak dengan baik. Baik dengan buah-buahan, selalu memberi vitamin dan jangan pernah lupa untuk cek kondisi si buah hati secara rutin.

Nah, itu tadi cara menangani hidung tersumbat pada anak-anak, lalu bagaimana jika hidung orang dewasa yang tersumbat ?

Gunakan saja Plossa Soothe & Aromatics dengan kandungan eucalyptus yang menyegarkan dan menenangkan. Anda bisa menghirup bagian in healer-nya, hidung yang tersumbat kembali plong. Masalah ? Plossa-in Aja..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *