Plossa.co.id – Pemberian vaksin Covid-19 terus dilakukan pemerintah agar terbetuk herd immunity di lingkungan masyarakat, namun masih ada kekhawatiran masyarakat terkait dengan efek samping yang timbul setelah pemberian vaksin.

Efek samping vaksin muncul karena sistem imun tubuh bekerja untuk membentuk sistem pertahanan tubuh, Sistem imun ini yang akan membuat tubuh kita bertahan jika suatu saat terjangkit virus.  Efek samping yang muncul adalah gejala-gejala yang umum yang sering kita alami seperti demam, pusing, mual, mengigil atau timbul nyeri pada lengan setelah di suntik. Namun biasanya efek samping vaksin akan hilang dalam kurun waktu 1-3 hari setelah di vaksin.

Lalu bagaimana cara kamu mencegah atau mengatasi efek samping vaksin Covid-19?, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  1. Istirahat yang cukup
    Saat kamu ingin disuntik vaksin usahakan untuk menjaga tubuh untuk tetap fit, jangan melakukan hal-hal yang membuat tubuh menjadi kurang fit, seperti begadang atau olahraga pada malam sebelum kamu di vaksin. Dengan istirahat yang cukup akan membuat tubuh kamu menjadi lebih fit dan akan mengurangi dampak yang ditimbulkan efek samping vaksin.

    Selain itu bagi kamu yang memiliki aktivitas pada seperti bekerja usahakan untuk mengambil cuti, agar tubuh kamu bisa beristirahat dengan cukup untuk membentuk antibody yang baik untuk virus Covid-19.

  1. Mengonsumsi air putih yang banyak
    Cara selanjutnya adalah memperbanyak mengonsumsi air putih, selain untuk mencegah gejala yang timbul dari efek samping vaksin juga dapat menghindari kamu dari dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh. Minum air putih saat ingin berangkat menuju tempat vaksin hingga 2 hari setelah di vaksin.
  2. Kompres bagian nyeri dengan air dingin
    Untuk mengurangi rasa nyeri pada lengan setelah disuntik vaksin, kamu bisa mengompres bagian lengan tersebut dengan air dingin. Caranya bisa dengan menggunakan handuk kecil yang dicelupkan ke air dingin lalu ditempelkan ke lengan yang habis di suntik selama beberapa menit.
  3. Konsumsi obat penahan sakit
    Untuk mengatasi efek samping yang terjadi setelah di vaksin, kamu bisa mempersiapkan obat-obat penahan rasa sakit, namun alangkah lebih baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter obat apa yang disarankan untuk dikonsumsi, setelah berkonsultasi siapkan obat tersebut di kotak obat.
  4. Aktif menggerakan tubuh
    Saat sebelum dan sesudah vaksin memang disarankan untuk banyak beristirahat, namun bukan berarti untuk tidak menggerakan tubuh sama sekali, jika kamu tidak menggerakan tubuh justru akan membuat otot-otot menjadi kaku, jika lengan kaku akan menjadi lebih mudah sakit dan pegal karena disuntik.

Itulah cara-cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mencegah atau antisipasi efek samping dari vaksin, selain itu jika kamu merasa pusing serta mual karena efek samping vaksin kamu bisa menggunakan PLOSSA untuk meredakan gejala – gejala seperti sakit kepala, pusing atau muntah. Karena PLOSSA adalah produk serbaguna yang memiliki banyak manfaat seperti dapat berfungsi sebagai Inhaller, Aromatherapy, alat pijit serta alat kerokan untuk masuk angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *