bersepeda pake masker boleh gak sih

Plossa.co.id – Saat ini olahraga sepeda sedang banyak diminati oleh masyarakat, ketika hari libur bahkan dihari-hari biasa banyak masyarakat yang menggunakan sepeda, bukan hanya untuk olahraga namun ada yang menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor, ke pasar atau ke kampus.

Namun dibalik itu ada sebuah pertanyaan, bersepeda pake masker boleh gak sih? Seperti kita ketahui, saat ini kita sedang memasuki era new normal, berbagai protokol kesehatan harus diterapkan bagi orang yang ingin beraktivitas diluar rumah. Hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona.

Dan bersepeda adalah salah satu aktivitas olahraga yang dilakukan diluar rumah, baru-baru ini ada berita tentang dua orang meninggal saat bersepeda menggunakan masker, hal ini dikarenakan mereka mengalami sesak napas saat bersepeda menggunakan masker.Menurut banyak ahli penggunaan masker saat berolahraga tidak dianjurkan karena akan menggangu pernapasan. Sebenarnya sudah ada solusi ketika kamu ingin berolahraga diluar rumah dengan bersepeda.

Menurut Dr. Hunter Smith yang merupakah ahli paru dari Colorado mengatakan “Buff bagus karena menutupi hidung dan mulut dengan aman. Semua udara yang masuk dan keluar cukup disaring. Ini solusi yang bagus untuk pesepeda dan pelari,”

Namun hal ini kembali lagi tentang kemana kamu akan pergi untuk berolahraga, jika ketempat ramai sebaiknya kamu menggunakan masker dan menjaga jarak (physical distancing). Hingga saat ini pemakaian masker saat berolahraga masih belum dilarang, salah satu penyebabnya adalah masih meningkatnya penyebaran virus corona, kamu bisa tetap menggunakan masker saat bersepeda asalkan masih bersepeda dalam jarak yang dekat, selain itu cobalah cari tempat yang sepi dan mudah dilalui sepeda, jangan mencari jalur atau tempat yang sulit dilalui hal ini tentu akan menguras tenaga kamu dan juga akan berpengaruh terhadap sistem pernapasan.

Ketika kamu bersepeda pake masker lalu tiba-tiba mengalami gejala seperti pusing, mual, nyeri atau susah bernapas, segeralah berhenti dan istirahat, jangan terlalu memaksakan diri karena jika memaksakan diri akan berdampak buruk untuk kesehatan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *