kriteria orang disuntik vaksin

Plossa.co.id – Pemerintah hingga saat  ini terus menjalankan program vaksinasi di berbagai wilayah di Indonesia, tujuanya agar banyak wilayah di Indonesia terbentuk herd imunity yang dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Namun tidak semua orang boleh di suntik vaksin. Ada beberapa kriteria seseorang tidak boleh disuntik vaksin diantaranya adalah

  1. Anak-anak dibawah 12 tahun
    Jika sebelumnya pemerintah masih belum membolehkan anak atau remaja dibawah 18 tahun untuk mengikuti program vaksinasi, namun saat ini pemerintah sudah membolehkan anak diatas 12 tahun untuk menerima vaksin Sinovac. Namun untuk anakn dibawah 12 tahun boleh boleh mengikuti program vaksinasi pemerintah karena belum ada kajian serta uji klinis.
  2. Penyitas Covid-19
    Bagi kalangan penyitas Covid-19 belum diperbolehkan untuk mengikuti program vaksinasi, karena menurut pakar kesehatan tubuh pasien yang baru sembuh dari Covid-19 akan membentuk antibody secara alami utuk melawan virus corona. Antibodi tersebut dapat menjadi imunitas terhadap Covid-19. Untuk itu vaksinasi di fokuskan bagi kalangan yang belum terkena Covid-19.
  3. Tekanan darah Tinggi atau hipertensi
    Penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi masih belum diperbolehkan untuk menerima vaksin, karena hingga saat ini belum ada kajian lebih lanjut yang memperbolehkan penderita penyakit hipertensi boleh menerima vaksin.
  4. Mengalami gejala ISPA
    Pasien yang mengalami gejala infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) seperti batuk, flu dan pilek, dalam kurun waktu 7 hari terakhir, tidak diperbolehkan untuk menerima vaksin karena sulitnya pemantauan gejala lanjutan setelah vaksin.
  5. Mengidap Penyakit jantung
    Pasien yang memiliki Riwayat penyakit jantung juga belum diperbolehkan untuk mendapatkan vaksin, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan respon imun berbeda terhadap vaksin, serta dapat meningkatkan risiko setelah di vaksin.
  6. Mengidap Penyakit Autoimun
    Seseorang yang mengidap penyakit autoimun juga belum boleh untuk menerima vaksin, karena dikhawatirkan akan gagal dalam membentuk antibody.
  7. Mengidap penyakit kanker
    Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya, hingga saat ini belum diperbolehkan untuk menerima vaksin, karena faktor kehati-hatian terhadap efek samping vaksin yang akan muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *