mencegah virus corona

Plossa Pemerintah telah mengeluarkan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan dan pengendalian terhadap penularan virus corona. Meski begitu, masih banyak masyarakat yang mencari alternatif lainnya untuk melindungi tubuh dari paparan virus corona. Untungnya, Indonesia memiliki banyak sekali tanaman herbal yang diklaim punya banyak khasiat untuk menjaga kesehatan. Termasuk menjaga tubuh dari penularan virus corona. Lalu, apa saja jenis rempah dan tumbuhan yang bisa mencegah virus corona?

Ini Dia, 5 Jenis Rempah dan Tumbuhan yang Bisa Mencegah Virus Corona

  1. Jahe

Bukan hanya digunakan sebagai penyedap masakan saja, jahe juga diklaim cukup ampuh untuk melindungi tubuh dari paparan virus corona. Hal ini mengingat bahwa jahe memiliki khasiat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Seorang ahli gizi masyarakat IPB bernama Profesor Dodik Briawan menyatakan bahwa senyawa gingerin yang terkandung pada jahe bersifat sebagai antiinflamasi dan antioksidan sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selain untuk meningkatkan imunitas, jahe juga enak diminum ketika kamu masuk angin, sakit kepala, hidung tersumbat dan juga pada saat meriang karena memiliki kandungan hangat alami.

  1. Jambu Biji

Jambu biji daging merah juga masuk ke dalam daftar bahan alami yang diklaim bisa melawan virus corona. Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti gabungan Universitas Indonesia dan IPB University, jambu biji daging merah mengandung senyawa protein atau zat aktif yang tidak ramah terhadap virus. Bahkan, satu diantara zat aktif tersebut bisa menyebabkan virus Covid-19 tergelincir ketika menginfeksi sel-sel paru-paru.

  1. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga dikenal sebagai rempah yang kaya manfaat untuk kesehatan. Salah satu bumbu dapur ini juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat aneka jenis jamu. Direktur Lembaga Biologi Molekuler Erjikman bernama Amir Soebandrio menyatakan bahwa kandungan curcumin pada kunyit dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, banyak juga kajian yang menyatakan bahwa curcumin memiliki efek menurunkan peradangan, bersifat sebagai antioksidan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Kayu Manis

Kayu manis adalah jenis tumbuhan dengan aroma yang khas dan sering dijadikan sebagai campuran masakan. Kayu manis diketahui mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serat, kalsium, magnesium, karbohidrat, hingga zat besi. Kandungan antioksidan, antiimflamasi, dan antimikroba pada kayu manis juga diketahui cukup tinggi. Sehingga, rempah yang satu ini juga bisa berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Sereh

Daun sereh juga telah lama dikenal sebagai rempah alami yang kaya manfaat. Bumbu penyedap masakan ini mengandung vitamin B, zat besi, kalium, hingga magnesium. Sereh juga memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas. Oleh karena itu, serah juga berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Diketahui bahwa sereh mempunyai beberapa jenis antioksidan seperti isoorientin, asam klorogenat, hingga swertia japonin.

  1. Minyak Daun Eucalyptus

Dilansir dari jurnal Clinical Microbiology & Infection menjelaskan bahwa pada minyak daun eucalyptus terdapat kandungan antibakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan atas. Kabar baiknya, kandungan minyak eucalyptus ini terdapat pada Plossa Sooth & Eucalyptus yang bisa kamu beli di warung dan supermarket terdekat.

Nah, itulah beberapa jenis rempah dan tumbuhan yang diklaim memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari paparan virus corona. Namun, perlu diketahui bahwa berbagai jenis rempah tersebut bukan bersifat mengobati penyakit akibat virus corona. Peran dari rempah-rempah tersebut hanya melindungi tubuh saja dari kemungkinan paparan virus corona dengan cara meningkatkan imunitas tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *