mengatasi susah tidur

Plossa Insomnia atau susah tidur sering kali dialami oleh banyak orang khususnya yang sudah lanjut usia. Tak hanya itu saja, susah tidur juga sering dialami oleh mereka yang memiliki masalah besar dalam hidupnya. Tapi tenang saja, untuk mengatasi susah tidur kamu bisa coba beberapa makanan yang bisa membuat ngantuk dengan cepat.

Makanan yang Bisa Dikonsumsi untuk Mengatasi Susah Tidur

Makanan-makanan di bawah bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan rasa kantuk agar bisa tidur dengan pulas. Inilah dia makanan-makanannya:

Pisang

Di urutan pertama ada buah pisang. Makanan yang satu ini cukup efektif untuk meningkatkan rasa kantung akibat gangguan tidur. Pisang memiliki kandungan B6 yang cukup tinggi untuk menghasilkan melatonin pada tubuh kamu.

Melatonin adalah suatu hormon yang membuat rasa kantuk pada manusia. Tapi, melatonin akan berfungsi dengan baik jika diimbangi lampu yang mati atau keadaan kamar yang gelap. Tapi konsumsi pisang juga jangan terlalu berlebihan karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang kedelai dianggap efektif untuk membuat rasa kantuk itu timbul. Makanan yang dari kedelai ini ada banyak sekali di Indonesia bahkan harganya sangat murah. Kamu bisa mengonsumsi tempe, tahu, dan lain sebagainya.

Kedelai memiliki kandungan isoflavon yang cukup tinggi. Isoflavon sangat baik digunakan untuk meningkatkan produksi serotonin. Sebenarnya serotonin ini sudah ada dan diproduksi oleh tubuh akan tetapi jumlahnya mungkin kurang.

Nah dengan kacang-kacangan ini bisa merangsang pembentukan serotonin pada otak. Dengan ini maka kamu akan cepat mengantuk dan segera tidur.

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat ini adalah sumber melatonin yang merupakan senyawa yang merangsang rasa kantuk pada tubuh manusia.

Oleh karena itu, kamu bisa memakan oatmeal pada saat tidak bisa tidur. Oatmeal juga kaya akan serat sehingga kamu tak perlu terlalu khawatir dengan peningkatan berat badan.

Sayuran

Selain oatmeal, kamu juga bisa mengonsumsi sayuran. Sayuran adalah makanan yang sangat kaya akan serat di mana sangat dikaitkan dengan adanya gelombang restorasi. Serat sangat bagus untuk menghambat kadar gula darah yang bisa menurunkan melatonin pada tubuh.

Kiwi

Kiwi ternyata memiliki kandungan serotonin yang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Tak hanya itu saja, kiwi juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, dan juga folat. Kandungan-kandungan tersebut juga sangat baik untuk kesehatan baik tubuh atau kulit.

Itu dia daftar makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi susah tidur. Pilihlah mana yang paling mudah didapatkan dan jangan mengada-ada jika memang tidak ada. Jika gejala susah tidur disertai dengan gangguan kesehatan lainnya maka bisa segera datang ke profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *