Plossa Kamu pasti pernah kan mengalami badan pegal-pegal? Badan pegal adalah hal yang paling sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya pun beragam, bisa jadi terlalu banyak beraktivitas, stress, sampai pertanda suatu penyakit yang harus segera ditangani.

Badan pegal-pegal memiliki gejala seperti munculnya rasa nyeri atau sakit pada area tubuh tertentu yang digunakan untuk beraktivitas, biasanya leher, tangan, atau kaki. Saat mengalami pegal-pegal, kadang seseorang juga akan merasakan Lelah, lemas, dan suhu tubuh naik.

Begitupun sebaliknya, jika badan kamu merasa nyeri semua, itu bisa jadi terdapat infeksi atau penyakit tertentu di dalam tubuh kamu. Rasa nyeri yang terjadi pada tubuh juga bisa disebabkan oleh efek samping obat yang kamu minum.

Penyebab badan pegal-pegal

Seperti yang disebutkan di atas, penyebab badan pegal-pegal itu beragam. Berikut penyebab badan pegal-pegal:

Stress

Yang pertama adalah stress. Jika kamu mengalami stress, sistem imun tubuhmu tidak mampu melawan peradangan yang muncul. Hal tersebut mengakibatkan tubuh lebih rentan terkena infeksi yang membuat beberapa area tubuh mengalami pegal-pegal.

Kamu juga harus hati-hati jika sedang stress diiringi dengan gejala lain seperti jantung berdebar, keringat dingin, sesak napas, badan gemetar, dan sakit kepala. Bisa jadi kamu mengalami rasa cemas berlebihan, maka dari itu jangan terlalu banyak pikiran ya.

Flu

Jika kamu mengalami flu, pasti badan kamu akan merasakan pegal di beberapa bagian. Itu disebabkan oleh sistem imun tubuh kamu yang sedang melawan peradangan, terutama pada bagian tenggorokan, dada, dan paru-paru. Badan pegal saat sedang flu adalah hal yang biasa terjadi.

Kurang tidur

Tidur orang normal biasanya membutuhkan waktu 6 – 8 jam. Jika kamu kurang tidur, sel-sel di dalam tubuh kamu tidak dapat beregenerasi dengan normal sehingga tubuh tidak mampu menghasilkan energi atau tenaga yang cukup untuk membantu kamu beraktivitas, ujung-ujungnya badan kamu jadi pegal deh.

Duduk dalam waktu yang lama

Duduk dapat membuat otot dan sendi kamu kaku karena kurang bergerak, metabolisme tubuh kamu juga melambat saat duduk yang mempengaruhi tubuh dalam mengatur tekanan darah, kadar gula darah, serta memproses lemak.

Meredakan pegal-pegal

1. Jika kamu mengalami badan pegal-pegal akibat stress, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut untuk meredakannya seperti meditasi, melakukan hobi, pergi ke tempat yang tenang, dan beristirahat.

2. Cara untuk meredakan badan pegal-pegal saat flu yaitu perbanyak istirahat serta banyak minum air. Konsumsi obat jika memang dibutuhkan. Jika tak kunjung membaik, sebaiknya kamu segera periksa ke dokter.

3. Cobalah untuk mengatur waktu tidurmu. Jika kesulitan tidur, kamu bisa melakukan beberapa Teknik relaksasi supaya kamu cepat mengantuk. Contohnya minum air hangat, meditasi, sampai mendengarkan musik yang tenang sebelum tidur.

4. Lakukan gerakan berikut jika kamu mengalami pegal saat terlalu lama duduk:

  • Gerakan badanmu sebanyak mungkin untuk mencari tahu bagian tubuh mana yang mengalami pegal.
  • Beri waktu untuk meregangkan ototmu selama beberapa detik dalam sehari.
  • Usahakan posisi kaki seperti berdiri namun posisi kamu tetap duduk, tahan selama 10 sampai 15 detik. Posisi ini dapat membantu kamu memperbaiki postur tubuh saat ingin berdiri.
  • Hindari posisi tetap secara terus menerus.
  • Saat dalam kendaraan umum seperti kereta atau bus, berdiri jika kamu merasa sudah pegal.
  • Jika ingin naik ke lantai 1 atau 2 lebih baik menggunakan tangga.
  • Berdiri dan berjalan saat menelpon.
  • Lakukan hal yang dapat membuat kamu bergerak seperti berlari, bersepda, atau lainnya.

5. Jika kamu sedang berpergian dan badan kamu pegal-pegal, redakan dengan Plossa Soothe Aromatics. Plossa memiliki konsep 4 in 1 yaitu Roll On, Inhaler, Alat Pijat, dan Alat kerokan yang praktis, ekonomis, dan modern untuk meredakan sakit kepalamu, masuk angin, pegal-pegal, mual, dan hidung tersumbat. Jadi, selalu bawa Plossa kemanapun kamu pergi ya, supaya kamu bisa mengatasi pegal-pegal di mana pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *