Banyak sekali kegiatan yang harus kita lakukan dengan berduduk seperti bekerja, mengikuti seminar, meeting, menonton televisi, dan lainnya. Kamu pasti pernah kan melakukan kegiatan tersebut lalu pegal karena terlalu lama duduk? Hati – hati lho ternyata terlalu lama duduk dapat mengganggu kesehatan kamu.

Duduk dapat membuat otot dan sendi kamu kaku karena kurang bergerak, metabolism tubuh kamu juga melambat saat duduk yang mempengaruhi tubuh dalam mengatur tekanan darah, kadar gula darah, serta memproses lemak.

Risiko kesehatan jika terlalu lama duduk

Perlu kamu ketahui bahwa duduk terlalu lama memiliki banyak risiko yaitu:

Nyeri otot

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan otot punggung dan pinggul menjadi pegal dan nyeri. Apalagi postur duduk yang salah dapat menekan cakram tulang belakang yang mengakibatkan nyeri dalam jangka waktu yang lama.

Buncit

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan perut kamu buncit karena berkurangnya pelepasan molekul lipoprotein lipase yang mengolah lemak dan gula pada tubuh. Nah bagi kamu yang nggak mau buncit sebaiknya jangan duduk terlalu lama ya.

Osteoporosis

Osteoporosis adalah gangguan kesehatan yang mengakibatkan tulang rapuh karena kepadatan tulang yang menurun, terutama yang berusia lanjut. Gangguan ini dapat membuat seseorang sulit melakukan aktivitas bahkan yang sederhana sekalipun.

Diabetes

Duduk terlalu lama dapat membuat sensitivtas sel tubuh terhadap insulin menurun, yang mengakibatkan terganggunya karbohidrat dan gula untuk energi terganggu.

Penyakit jantung

Jangan salah lho. Risiko penyakit jantung dan pembuluh darah juga menghantui jika kamu duduk terlalu lama.

Gerakan Untuk Mengatasi Pegal

Nah jika kamu pegal saat duduk, ada beberapa gerakan yang dapat kamu lakukan untuk meredakan pegal – pegal mu:

  • Bergerak sebanyak mungkin untuk mengetahui bagian tubuh mana yang mengalami tegang.
  • Luangkan waktumu untuk meregangkan otot selama 30 detik beberapa kali dalam sehari.
  • Usahakan agar kaki seolah berdiri namun posisi kamu tetap duduk dan tahan selama 10 sampai 15 detik. Ini dapat membantu memperbaiki postur tubuh kamu saat hendak berdiri.
  • Hindari posisi tetap sepanjang hari.
  • Saat dalam bus atau kereta, usahakan berdiri jika memang sudah merasa pegal.
  • Lebih baik menggunakan tangga jika hanya naik turun ke lantai 1 atau 2.
  • Dianjurkan berdiri dan berjalan saat melakukan telepon.
  • Lakukan sesuatu yang membuat kamu bergerak seperti bersepeda, berlari, memasak, atau lainnya.

Nah itu lah gerakan yang dapat mengatasi pegal mu karena duduk terlalu lama, intinya jika sudah merasa pegal lakukan gerakan selama beberapa detik untuk meregangkan otot – otot. Namun jika gerakan tersebut tidak memungkinkan, gunakan Plossa Press & Soothe Aromatics. Dengan hangatnya plossa bisa meredakan pegal – pegal mu saat duduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *