hipertensi menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri

Plossa.co.id – Banyak masyarakat yang percaya bahwa hipertensi adalah salah satu tanda sakit kepala sebelah kiri, namun apakah benar pendapat masyarakat ini? Berikut adalah penjelasanya. Menurut beberapa pakar kesehatan menerangkan bahwa sakit kepala umumnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti sedang terkena stress, waktu tidur yang kurang, memiliki kebiasaan menunda waktu makan, hingga kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

Namun pakar kesehatan mengatakan bahwa bisa saja hipertensi menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri, namun selain itu keadaan ini dapat juga mengakibatkan gejala lain seperti rasa tegang yang terjadi pada leher hingga kondisi lebih serius seperti stroke.

Stroke dapat terjadi ketika sakit kepala datang secara tiba-tiba yang mengakibatkan efek yang sangat parah, saat penderitanya mengalami rasa lemah pada salah satu bagian tubuh, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Apa Yang Menyebabkan Sakit Kepala Sebelah Kiri?

Salah satu penyebab rasa nyeri kepala sebelah kiri adalah faktor gaya hidup seperti minum alkohol, menunda makan, kurang tidur dan stress selain itu penyakit ini juga dapat terjadi karena faktor makanan. Terdapat jenis makanan yang dapat memicunya, seperti makanan yang mengandung bahan pengawet, daging olahan serta kacang-kacangan.

Namun ada beberapa keadaan yang dapat menjadi pemicu timbulnya sakit kepala di bagian sebelah kiri seperti:

  • Trigeminal neuralgia
    Masalah saraf ini terjadi saat saraf trigeminus yang berfungsi menghantarkan rasa atau rangsang dari wajah menuju otak. Tanda trigeminal neuralgia adalah timbulnya rasa sakit pada satu sisi wajah saja, sehingga dapat menjadi pemicunya.
  • Infeksi serta alergi
    Gangguan infeksi saluran pernapasan seperti flu yang dapat disertai dengan demam dan sakit kepala. Sementara alergi dapat terjadi penyempitan di saluran pernapasan serta rongga sinus, akibatnya dapat menjadi pemicu sakit kepala.
  • Tekanan darah tinggi
    Seperti penjelasan diatas hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat memicu timbulnya rasa tegang pada leher yang mengakibatkan munculnya rasa nyeri pada kepala sebelah kiri.
  • Gegar Otak
    Gegar otak bisa terjadi karena diakibatkan oleh benturan atau hantaman yang keras pada kepala sehingga menyebabkan cedera pada otak. Hal ini mengakibatkan seseorang dapat mengalami nyeri pada kepala sebelah kiri.

Itulah beberapa penyebab rasa nyeri kepala sebelah kiri, dan dari penjelasan diatas bisa disimpulkan ada kemungkinan hipertensi menjadi pemicunya. Untuk mengurangi sensasi pada sakit kepala sebelah kiri, kamu bisa menggunakan Plossa karena Plossa adalah produk 4 in 1 yang dapat berfungsi sebagai, roll on, in haller, kerokan dan relaksasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *