kandungan cineol pada eucalyptus

Plossa.co.id – Hingga saat ini virus Covid-19 menjadi ancaman yang menakutkan bagi seluruh masyarakat dunia. Korban meninggal terus berjatuhan diberbagai belahan dunia, tidak hanya itu berbagai bidang juga banyak yang terdampak dari merebaknya virus ini. Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyebuhkan pasien corona. Oleh karena itu, banyak bahan dari alam yang dikaji dan diteliti untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Dan salah satu bahan alami yang diteliti adalah tanaman yang menghasilkan minyak atsiri.

Minyak atsiri adalah campuran berbagai senyawa kompleks, yang sebagian besar terdiri dari terpene, terpenoid dan fenilpropanoid. Fungsi minyak atsiri tidak hanya sebagai parfum atau aroma makanan tapi dapat juga menjadi obat untuk manusia yang dapat juga menjadi antimikroba. Minyak atsiri disebut memiliki senyawa antimikroba yang disebut 1,8 cineol, jenis tanaman atsiri yang mengandung 1,8 cineol diantaranya adalah Eucalyptus sp, Melaleuca cajuputi, dan Thymus sp namun Eucalyptus sp memiliki kandungan cineol paling tinggi.

Kandungan 1,8 cineol yang tinggi (88%) dapat mengendalikan penyakit Herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1). Virus ini biasanya menyerang bagian bagian oral (herpes oral) dan menyebabkan munculnya luka pada mulut dan wajah. Manfaat lain dari 1,8 cineol juga dapat mencegah infeksi virus influenza masuk.  1,8 cineol juga bisa menjadi antiseptic untuk bakteri dan jamur dan dapat efektif dalam mengendalikan Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus (bakteri), Penicillium digitatum, Aspergillus falvus, A. Niger, Mucor spp., dan Rhizopus nigricans.

Terkait dengan cineol Plossa Eucalyptus juga mengandung cineol. Plossa Press & Soothe Aromatics merupakan produk serbaguna yang memungkinkan Anda mendapatkan manfaat dari refleksiologi termasuk menghilangkan sakit kepala dan gejala flu, serta memberikan relaksasi dan sensasi menyegarkan. Mengandung Eucalyptus Oil dan bahan aktif Cineol yang ampuh sebagai anti virus dan anti bakteri.

Plossa Eucalyptus memiliki 4 keunggulan yaitu bisa digunakan sebagai inhaler, roll on, kerokan dan relaksasi. Keempat alat tersebut digabungkan menjadi satu alat yang praktis, modern dan efisien. Praktis karena mudah dibawah kemana-mana, modern karena alat pijatnya bukan traditional (uang logam) dan efisien karena harga ekonomis dimana keempat alat tersebut menjadi satu alat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *