penyebab sakit kepala sebelah kiri

Plossa.co.id – Sakit kepala merupakan keluhan kesehatan yang sering kita rasakan, sakit kepala memiliki jenis yang beragam dan salah satunya adalah sakit kepala sebelah kiri, keluhan sakit kepala ini bisa terjadi kapan saja, namun biasanya terjadi saat kita baru bangun tidur. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan berikut ini adalah penyebab sakit kepala sebelah kiri saat baru bangun.

  1. Kurang tidur
    Jika kamu memiliki kebiasaan begadang, seperti bekerja, menonton film atau bermain game dapat menjadi salah satu penyebab munculnya rasa sakit kepala sebelah kiri saat baru bangun tidur di pagi hari. Berkurangnya waktu tidur akan mengakibatkan produksi hormone stress kortisol meningkat lalu menimbulkan sakit kepala yang dialami seseorang. Dampak lainya dari kurangnya waktu tidur dapat mengakibatkan peningkatan tekanan serta gangguan aliran darah yang keluar dari jantung, sehingga otot jantung bekerja extra keras dan membuat kita sakit kepala di pagi hari.
  2. Posisi tidur yang salah
    Sakit kepala sebelah kiri saat baru bangun tidur juga dapat disebabkan oleh kesalahan posisi kita waktu tidur. Contohnya adalah posisi bantal kita yang terlalu tinggi yang dapat menyebabkan leher menjadi tegang dan tidak dapat digerakan ke kanan atau kiri dalam waktu yang cukup lama. Solusinya bisa menggunakan bantal yang cocok atau tidak menggunakan bantal sama sekali dalam posisi terlentang agar dapat menjaga kepala dan tulang belakang berada dalam satu garis lurus.
  3. Mengonsumsi alkohol
    Alkohol adalah minuman yang dapat memberikan banyak dampak buruk terhadap tubuh kamu, kecanduan alkohol juga dapat mengakibatkan rasa sakit kepala sebelah kiri saat baru bangun tidur. Hal ini disebabkan alkohol mengandung etanol, zat kimia yang dapat memicu pelebaran pembuluh darah di kepala. Saat dikonsumsi berlebih dan dalam kurun waktu yang sering alkohol dapat menimbulkan sakit kepala sebelah kiri secara terus menerus bahkan dapat menimbulkan penyakit tertentu.
  4. Tekanan darah tinggi
    Tekanan darah tinggi dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa sakit kepala sebelah kiri saat baru bangun tidur, biasanya keadaan ini dapat terjadi saat seseorang terlalu banyak mengonsumsi kafein atau hal lain yang dapat memicu kambuhnya dara tinggi, rasa sakit yang timbul biasanya sangat menganggu dan dalam kurun waktu yang sering. Dalam kondisi ini butuh penanganan lebih lanjut agar kondisi tidak menjadi lebih parah.
  5. Migrain
    Salah satu faktor lain yang dapat menjadi pemicu sakit kepala sebelah kiri adalah migrain, migrain umumnya ditandai dengan serangan sakit kepala yang disertai rasa berdenyut dan dialami di salah satu sisi kepala saja. Gejala awalnya seperti gangguan penglihatan, mual, muntah serta lebih sensitive terhadap gangguan suara dan cahaya, selain itu akan terasa kepala seperti ditusuk-tusuk.

Untuk meredakan sensasi rasa sakit kepala sebelah kiri saat baru bangun tidur kamu bisa menggunakan Plossa, karena Plossa karena dapat berfungsi sebagai In haller, roll on, alat kerokan dan relaksasi. Menghirup aromatherapy dari Plossa akan membuat kamu menjadi lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *