hidung tersumbat karena covid

Plossa Sampai saat ini, masyarakat Indonesia masih diselimuti kekhawatiran terkait penyebaran virus Covid-19. Apalagi, gejala virus corona kini tampak seperti gejala flu biasa. Pada dasarnya, Covid-19 maupun flu biasa sama-sama disebabkan oleh suatu virus yang menyerang sistem pernapasan. Namun, jenis virus tersebut berbeda, sehingga gejala yang ditimbulkan pun memiliki perbedaan.

Flu biasa merupakan kondisi yang terjadi akibat saluran pernapasan yang terinfeksi oleh rhinovirus. Salah satu gejala yang muncul saat seseorang mengalami flu biasa adalah hidung tersumbat. Sama halnya dengan rhinovirus, Covid-19 juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami hidung tersumbat. Meski begitu, ternyata ada perbedaan antara hidung tersumbat karena virus corona dengan flu biasa. Lalu, apa saja perbedaan tersebut?

Inilah 5 Perbedaan Hidung Tersumbat Karena Covid dengan Flu Biasa

Hidung tersumbat menjadi salah satu gejala yang umum dialami oleh pasien Covid-19 maupun penderita flu biasa. Namun, hidung tersumbat akibat Covid-19 biasanya mudah dikenali dari beberapa gejala yang menyertainya. Nah, berikut adalah perbedaan hidung tersumbat karena Covid-19 dengan flu biasa.

  1. Disertai Demam Tinggi

Pada dasarnya, flu biasa juga bisa menyebabkan penderita mengalami demam. Namun, biasanya infeksi virus corona menyebabkan penderita mengalami demam tinggi hingga suhu 40 °C atau lebih. Demam tinggi biasanya juga disertai dengan sakit kepala. Jika mengalami hidung tersumbat yang disertai dengan gejala demam tinggi, sebaiknya perlu diwaspadai.

  1. Mengalami Sesak Napas

Selain demam tinggi, sesak napas juga bisa menjadi gejala yang menyertai hidung tersumbat pada penderita Covid-19. Perlu diketahui bahwa sesak napas bukan merupakan gejala dari flu biasa. Meskipun gejala ini bisa terjadi pada penderita flu biasa, namun cukup jarang terjadi. Jadi, jika mengalami hidung tersumbat yang disertai dengan sesak napas, maka perlu dicurigai bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi Covid-19.

  1. Kehilangan Bau dan Rasa

Kehilangan bau dan rasa juga menjadi pembeda antara hidung tersumbat pada flu biasa dengan Covid-19. Infeksi virus corona yang menyerang saluran pernapasan akan menyebabkan indra penciuman penderita mengalami kehilangan kemampuan penciuman dan perasa.

Hilangnya bau dan rasa ini terjadi secara tiba-tiba dan kondisinya bisa sangat parah. Bukan hanya kehilangan bau saja, penderita Covid-19 juga biasanya tidak bisa membedakan antara rasa manis atau pahit. Terjadinya hal ini diduga karena virus corona mempengaruhi sel saraf yang berkaitan dengan perasa dan penciuman.

  1. Disertai Bersin dan Batuk Terus Menerus

Bersin dan batuk pada dasarnya merupakan gejala yang umum terjadi pada flu biasa. Namun, gejala ini juga bisa muncul jika seseorang mengalami infeksi Covid-19. Apalagi jika bersin dan batuk terjadi secara terus-menerus. Jika bersin dan batuk juga disertai dengan sesak napas dan demam tinggi, maka perlu diwaspadai bahwa kondisi tersebut merupakan gejala virus corona.

  1. Bisa Menghirup Udara dengan Normal

Hidung tersumbat adalah gejala yang umum terjadi pada saat seseorang mengalami flu biasa. Namun, hidung tersumbat akibat Covid-19 tidak menyebabkan penderita mengalami gangguan dalam menghirup udara. Hal ini berbeda dengan hidung tersumbat akibat flu biasa dimana infeksi virus menyebabkan peradangan pada selaput lendir pada hidung.

Peradangan selaput lendir di hidung pada saat flu menyebabkan hidung mampet dan masuknya udara melalui rongga hidung akan terganggu. Akibatnya, pada flu biasa akan menyebabkan penderita mengalami gangguan dalam menghirup udara. Hal ini tidak terjadi pada gejala Covid-19 karena penderita bisa tetap menghirup udara dengan normal.

Nah, itu dia beberapa perbedaan antara hidung tersumbat akibat Covid-19 dengan flu biasa. Ternyata, ada beberapa hal yang membedakan keduanya. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika mengalami gejala tersebut. Apabila gejala hidung tersumbat muncul disertai dengan beberapa gejala lain yang mengarah pada Covid-19, maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker. Supaya napas tetap lega saat memakai masker maka oleskan saja Plossa Press & Soothe Aromatics pada bagian luar masker.

Kandungan eucalyptus pada Plossa dapat memberikan kesegaran pada pernapasan sehingga dapat mengatasi masalah hidung tersumbat dan juga tetap terasa nyaman selama memakai masker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *