makanan untuk meningkatkan imun tubuh

Plossa.co.id – Beberapa makanan tertentu dipercaya dapat meningkatkan imun atau daya tahan tubuh manusia, sistem imun yang kuat dapat menjaga kita dari terpapar virus covid-19. Saat pandemic seperti ini daya tahan tubuh sangat penting dan menjadi salah satu sistem pertahanan kita terhadap ancaman virus.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh

  1. Vitamin E
    Vitamin E  dapat menjadi agen antioksidan yang kuat, banyak penelitian mengatakan orang lanjut usia banyak membutuhkan vitamin E untuk menjaga kekebalan tubuh. Vitamin E bisa diperoleh dari makanan berikut seperti kacang almond, minyak biji gandum, kacang hazel, biji bunga matahari, dan selai kacang.
  2. Vitamin C
    Seperti Vitamin E, Vitamin C juga dapat menjadi agen aktioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh, banyak penelitian yang mengatakan Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada orang stress, makanan yang mengandung Vitamin C diantaranya, buah jeruk, buah kiwi, brokoli, buah strawberi dan paprika merah atau hijau.
  3. Karotenoid
    Mungkin kamu asing dengan kandungan satu ini, karotenoid adalah kandungan yang ditemukan secara alami pada sejumlah tanaman, Saat dikonsumsi, karotenoid berubah menjadi Vitamin A yang berfungsi sebagai nutrisi yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Jenis-jenis makanan yang mengandung karotenoid diantaranya wortel, apricot, kubis, papaya dan mangga.
  4. Asam lemak omega-3
    Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak esensial yang dapat menjadi solusi dalam mengatasi radang dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu sejumlah penelitian menunjukan manfaat asam lemak omega-3 dalam melindungi tubuh, makanan yang mengandung asam omega-3 diantaranya: ikan tuna, salmon, sarden, biji rami dan kacang kenari.
  5. Zync
    Zync adalah memiliki kandungan mineral yang penting dan terlibat dalam memproduksi sel-sel untuk kekebalan tubuh. Terdapat penelitian yang mengatakan kadar zync yang kurang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang mengandung zync diantaranya, kacang panggang, kacang mete, kismis, buncis dan jamur tiram.

Itulah beberapa makanan yang mengadung zat-zat penting dan dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan imun tubuh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *