5 ciri kamu butuh istirahat tidur

Plossa.co.id – Tidur adalah aktivitas yang harus dilakukan seseorang untuk beristirahat atau memulihkan tenaga, namun terkadang banyak orang yang mengabaikan tidur karena banyak rutinitas yang harus dilakukan. Kurangnya waktu tidur terjadi ketika seseorang tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, idealnya orang tidur sekitar 7-8 jam per hari, dan aktivitas kurang tidur ini bisa berdampak beberapa hal seperti rasa ngantuk di siang hari, cepat emosi, kurang produktif dalam bekerja, obesitas, dan masalah lainya. Nah berikut ini adalah 5 ciri-ciri kamu butuh tidur dan istirahat.

  1. Kondisi mata berwarna merah
    Ciri-ciri kurang tidur bisa dilihat dari kondisi mata yang bewarnaa merah, ada lingkaran hitam, bengkak dan timbul kantung mata dan ada penelitian yang menyebutkan jika kurang tidur dapat menimbulkan kerutan, garis dan bengkak pada mata. Hal ini disebabkan oleh hormon yang tidak bekerja secara optimal untuk memperbaiki jaringan.
  2. Berat badan
    Memiliki berat badan yang berlebih adalah salah satu ciri kamu kurang tidur dan istirahat, hal ini dikarenakan ketika kamu kurang tidur perut akan cenderung merasa lapar, lalu muncul keinginan untuk makan banyak dan biasanya makanan yang dikonsumsi adalah makanan cepat saji yang memiliki risiko meningkatkan obesitas.  Hal ini juga disebabkan oleh tidak bekerjanya dua hormon yaitu ghrelin dan leptin yang hanya bisa bekerja saat kamu tidur terlelap.
  3. Gangguan Kulit
    Ciri-ciri kurang tidur lainya adalah munculnya gangguan kulit seperti jerawat dan masalah kulit lainya hal ini dikarenakan kulit akan merespon jika seseorang kurang memiliki waktu tidur yang cukup.
  4. Kurang Fokus
    Apakah kamu sering mengalami kurangnya fokus dalam bekerja atau beraktivitas? Kurangnya tidur akan mengakibatkan tubuh merasa grogi serta pusing, dampaknya seseorang akan kesulitan dalam beraktivitas  karena kurangnya fokus.
  5. Emosi
    Seseorang yang mengalami kurang tidur setiap malam dalam kurun seminggu akan mudah mengalami stress, depresi, marah dan lelah secara mental. Hal sungguh sangat berakibat buruk karena bisa memperburuk komunikasi dengan teman atau keluarga.

Istirahat tidur adalah salah satu aktivitas yang baik untuk kesehatanmu, jadi jika kamu sudah memiliki tanda-tanda diatas, cobalah untuk tidur sehingga tubuh kamu akan segar dan dijauhi dari ancaman penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *